Wednesday, April 18, 2012

Kisah merupakan salah satu metode dakwah, yang tidak diragukan lagi keberadaanya. Keberadaanya digemari dan bahkan mempengaruhi pembacanya. Dalam kisah, seseorang dapat berada pada alam kisah itu sendiri. Alquran merupakan wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW berisikan petunjuk dan pedoman bagi manusia (way of life), baik hubungan dengan Allah (teoposentrisme) maupun hubungan sesama makhluk ciptaan-Nya (antroposentrisme). Kemudian Alquran juga merupakan sumber dari segala sumber ilmu pengetahuan, termasuk kisah-kisah didalamnya.
Menyoroti kisah-kisah dalam Alquran  umat Islam meyakini bahwa kisah-kisah tersebut mengandung nilai-nilai filosofis dan pelajaran dalam menjalani hidup. Sekalipun demikian, tidak semua kisah-kisah yang diungkapkan dalam Alquran bisa dibuktikan kebenarannya secara ilmiah. Sementara itu, sebagian kaum mulismin ada yang mengganggap bahwa tidaklah semua kisah dalam Alquran itu terjadi, tetapi hanya sebagai ‘itibar, tapi sebaliknya sebagian mengganggap bahwa meskipun belum terbukti kisah itu benar, tidaklah wajar bagi kaum muslimin untuk tidak meyakininya. Segala kisah yang diungkapkan dalam Alquran merupakan renungan bagi umat, dalam mengambil makna hidup yang sejati. 
Dalam makalah ini pemakalah akan membahas beberapa persoalan yang berkenaan dengan kisah-kisah dalam Alquran yang dimulai dengan pengertian kisah, macam-macam kisah, faedah bagi umat manusia serta perbedaannya dengan sejarah.

http://KISAH.html

0 Comment