Friday, April 20, 2012

 
Allah Swt telah mempersiapkan Nabi Muhammad Saw dengan persiapan yang matang dan sempurna untuk memikul risalah da’wah, menanamkan `aqidah yang benar, serta mengajarkan syari’at kepada manusia. Karena itu Allah Swt menurunkan sebuah kitab kepada Nabi-Nya Muhammad Saw, yang tidak ada keraguan dalam kitab tersebut, yaitu al-Quran al-Karim. Kitab ini adalah mu’jizat terbesar yang diberikan Allah Swt kepada Nabi-Nya, di dalamnya terdapat keterangan dan dalil-dalil yang abadi tentang  kebenaran Nabi Muhammad Saw.
Allah Swt memerintahkan Nabi Muhammad Saw untuk menjelaskan semua yang diturunkan kepadanya. Penjelasan dan keterangan inilah nantinya yang dinamakan dengan Sunnah. Allah Swt berfirman dalam QS an-Nahl ayat 44:


Artinya :Kami turunkan kepadamu Al Quran, agar kamu menerangkan pada umat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka dan supaya mereka berpikir.
            


Kedudukan Sunnah dalam pembinaan hukum Islam dan pengaruhnya dalam kehidupan kaum muslimin tidak dapat diragukan. Barangsiapa yang menela’ah al-Quran dan Sunnah, niscaya akan menemukan sumbangsih Sunnah dalam syari’at Islam. Namun masih ada sebahagian orang-orang yang tidak menerima Sunnah sebagai sumber hukum, mereka meragukan kehujjahan Sunnah. Akibatnya terjadilah pertentangan di kalangan Umat Islam sendiri

http://SUNNAH_SEBAGAI_SUMBER_AJARAN_.html

0 Comment