1. Jenis Penelitian
Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif, yaitu menggambarkan kejadian yang terjadi di lapangan sesuai dengan kenyataan, dan teori yang telah dikemukakan
2. Lokasi Penelitian
Sebagai penentuan lokasi, penulis menetapkan di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Bayur, karena MTI Bayur merupakan sebuah lembaga pendidikan agama yang berbentuk Madrasah yang berada di Nagari Bayur, Kecamatan Tanjung Raya Maninjau Kabupaten Agam yang berdiri semenjak tahun 1930.
3. Populasi dan Sampel
a. Populasi
Populasi adalah semua nilai baik dari hasil perhitungan maupun pengukuran, baik kuantitatif maupun kualitatif dari karakteristik tertentu mengenai sekelompok objek yang lengkap dan jelas.6
Dalam pembahasan ini populasinya adalah siswa kelas I, II, III, Aliyah di MTI Bayur sebanyak 278 orang untuk lebih jelasnya dapat di lihat pada tabel berikut :
Tebel I
Populasi
No | Klasifikasi | Jumlah |
1. | Siswa Kelas I MTS | 72 orang |
2. | Siswa Kelas II MTS | 54 orang |
3. | Siswa Kelas III MTS | 49 orang |
4. | Siswa kelas I Aliyah | 30 orang |
5. | Siswa kelas II Aliyah | 28 orang |
6. | Siswa kelas III Aliyah | 42 orang |
7. | Guru Bidang Studi Aqidah Akhlah | 1 orang |
8. | Kepala Sekolah | 1 orang |
| Jumlah | 278 orang |
b. Sampel
Sampel adalah sebagian anggota populasi yang di ambil dengan menggunakan tekhnik tertentu.7Dalam hal ini Suharsimi Arikunto berpendapat sebagai berikut : “Maka apabila subjeknya kurang dari 100, lebih baik diambil seluruhya, sehingga penelitian merupakan penelitian populasi, jika selanjutnya subjeknya besar dari 100 dapat diambil antara 10% sampai 25%.
Penulis hanya mengambil populasi kelas II dan kelas III Aliyah sebanyak 70 orang secara purposif randon sampel alasannya, karena kelas II, III Aliyah sudah mengetahui kondisi dan pengalaman belajar dengan guru yang bersangkutan sedangkan kelas I MTS sampai kelas I Aliyah belum mengenali proses belajar mengajar dilingkungan sekolahnya dan tidak mengerti apa yang akan penulis berikan sesuai dengan angket yang akan diisikan.
Berdaarkan pendapat di atas maka penulis menetapkan sampel, populasi 70 orang siswa yaitu kelas II dan III dengan menggunakan teknik purposif random sampel yakni mengambil sampel dengan cara mengambil subjek bukan didasarkan strata atau daerah, tetapi berdasarkan tujuan tertentu populisi random sampel ini ditujukan pada kelas II dan III Aliyah, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel 2.
Tabel II
Sampel
No | Klasifikasi | Jumlah |
1. | Siswa Kelas II Aliyah | 28 orang |
2. | Siswa Kelas III Aliyah | 42 orang |
3. | Guru Aqidah Akhlak | 1 orang |
4. | Kepala Sekolah | 1 orang |
| Jumlah | 72 orang |
4. Sumber Data
a. Data Primer yaitu : data yang diperoleh sendiri secara mentah dari objek penelitian.8Yang penulis maksud adalah data yang diperoleh dari guru bidang studi, Kepala Sekolah siswa.
b. Data Sekunder yaitu : data yang diperoleh dari bahan perpustakaan untuk melengkapi data primer. Adapun data sekunder yang penulis gunakan adalah data yang diperoleh dari buku-buku yang berhubungan dengan pembahasan skripsi ini.
5. Teknik Pengumpulan Data
Dalam pengumpulan data ini penulis menggunakan teknik yaitu :
a. Observasi, sebagai pengamatan dan pencatatan sistematis terhadap gejala yang tampak pada objek, hal ini ditunjukkan kepada guru bidang studi aqidah akhlak yaitu bagaimana langkah evaluasi yang digunakan dalam proses belajar mengajar.
b. Wawancara terstruktur, ditujuksn kepada guru bidang studi aqidah akhlak, dan kepala sekolah.
c. Angker, ditujukan kepada siswa, apakah ia setelah menerima materi ada perubahan kearah yang lebih baik.
6. Teknik Pengolahan Data
Setelah data terkumpul, maka penulis membaginya kepada dua kelompok yaitu :
a. Data yang bersifat kualitatif
Data ini penulis peroleh dari responden melalui wawancara. Cara menganalisanya dengan mengadakan seleksi terhadap jawaban yang diberikan, mengklasifikasikan kemudian merumuskannya dalam bentuk kata-kata.
b. Data yang bersifat Kuantitatif
Data ini penulis peroleh dari responden melalui angket yang penulis sebarkan kepada siswa. Cara mengolah dan menganalisanya penulis menempuh langkah-langkah sebagai berikut :
1. Seleksi data yang telah terkumpul
2. Mengklasifikasikan masalah pada sebuah tabel
3. Mengadakan perhitungan
4. Menghitung frekuensi (F) dari masing-masing alternatif jawaban untuk semua item.
5. Menghitung presentasenya (%) dari masing-masing frekuensi, dengan rumus
P = x 100 %
Keterangan :
P = Angka Presentase
F = Frekuesi yang sedang dicari
N = Jumlah Frekuensi / banyaknya individu9
6. Mengadakan interpretasi dan analisa data dalam bentuk kalimat sederhana.
7. Mengambil kesimpulan dengan kriteria sebagai berikut :
0 % | | : Tidak ada sama sekali |
1 % | - 25 % | : Sedikit sekali |
25,01% | - 49,9% | : Sebahagian kecil |
50 % | | : Separoh |
50 %, 01% | - 75 % | : Sebahagian Besar |
75,01% | - 99,9 | : Pada umumnya |
100 % | | : Seluruhnya10 |
F. Sistematika Penulisan
Dalam penulisan skripsi ini penulis mulai dari bab I berupa pendahuluan yang terdiri dari latar belakang masalah, tujuan dan kegunaan penelitian, penjelasan judul, metodologi penelitian dan sistematikan penulisan.
Pada Bab II berisikan pembahasan tentang pengertian evaluasi, prinsip-prinsip evaluasi, fungsi evaluasi, objek evaluasi, ruang lingkup evaluasi hasil belajar, tekhnik evaluasi, langkah evaluasi aspek dan psikomotor.
Pada Bab III analisa hasil penelitian yang terdiri dari sejarah monografi MTI Bayur, langkah yang dilakukan guru dalam evaluasi aspek afektif dan aspek psikomotor.
Bab IV merupakan penutup yang berisikan kesimpulan saran.
[1] Usman Said, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 1996) Cet. Ke-1. h.60
[2] Mode Pidarta, Landasan Kependidikan, (Jakarta : PT. Rineka Cipta, 1997), Cet.ke 1, h
3 Samasul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam,(Jakarta : PT. Inter Masa, 2002, Cet ke-2 h. 78-79
4Nana, Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Semarang : PT. Remaja Rosdakarya, 1990), Cet ke 1, h.40
5 Ibid..,42
6Amirul Hadi, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung : Pustaka Setia, 1983), h. 35
7Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek(Jakarta : Bina Aksara, 1998), h .107
8 Joko Subagyo, Metode Penelitian, (Jakarta : Rineka Cipta, 1997), Cet ke-2h.87
9 Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo,1988), Cet. ke-2, h.40
10Sanafiah Faisal, Metodologi Penelitian Pendidikan ( Bandung : Usaha Nasional, 1982), h.119
0 Comment